Senin, 02 Februari 2015

Planning usaha









BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
 Setiap organisasi perlu melakukan suatu perencanaan dalam setiap kegiatan organisasinya,baik perencanaan produksi ,perencanaan rekrutmen karyawan baru,program penjualan produk baru ,mau pun perencanaan anggarannya.perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapakan bagaimana cara mencapainya.oleh karena itu,perusahaan harus menetapkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sebelum melakukan proses proses perencanaan .
Perencanaan diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk organisasi ,sebab perencanaan ini merupakan proses dasa manajemen di dalam pengambilan suatu keputusan dan tindakan.perencanaan di perlukan dalam jenis kegiatan baik itu kegiatan organisasi, perusahaan maupun  kegiatan masyarakat, dan perencanaan ada dalam setiap fungsi – fungsi manajemen , karena fungsi – fungsi tersebut hanya dapat melaksanakan keputusan – keputusan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.
Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen , terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis. Dalam era globalisasi ini, perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis dan bukan hanya pada intuisi dan firasat ( dugaan ).
Pokok pembahasan pada makalah ini berfokus pada elemen – elemen tertentu dari proses perencanaan dan proses yang sangat berhubungan dengan pemecahan massalah dan pengambilan keputusan . kemudian memperkenalkan konsep perencanaan ddan menyajikan sejumlah pendekatan untuk mengefektifkan perencanaan dari berbagai jenis.
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi , membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi – fungsi lain pengorganisasian , pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat  berjalan.


B. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas dapat ditarik beberapa rumusan masalah,yaitu :
1.      Apa itu perencanaan ?
2.      Tipe – tipe perencanaan
3.      Apa saja macam – macam perencanaan ?
4.      Usaha apa yang diinginkan perencanaan ?

C. Tujuan
Sesuai dengan masalah yang dihadapi maka makalah ini bertujuan untuk :
1.      Mengetahui pengertian perencanaan:
2.      Mengetahui macam – macam perencanaan:
3.      Mengetahui apa saja hambatan yang ada dalam perencanaan dan cara mengatasinya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian
Perencanaan secara garis besar diartikan sebagai proses mendefinisikan tujuan organisasi,membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.pada dasarnya yang dimaksud perencanaan yaitu memberi jawaban atas pertanyaan – pertanyaan  apa (what),siapa(who),kapan(when),dimana(where),mengapa(why) dan bagaimana (how). Jadi perencanaan yaitu fungsi seorang manajer yang berhubung dengan pemilihan dari sekumpulan kegiatan kegiatan dan pemutusan tujuan tujuan ,kebijaksanaan-kebijaksanaan serta program-program yang dilakukan.
Dalam sebuah perencanaan juga perlu memperhatikan sifat rencana yang baik.sifat rencana yang baik yakni :
1.      Pemakaian kata-kata yang sederhana dan jelas dalam arti mudah dipahami oleh yang menerima sehingga penatsiran yang brbeda-beda dapat ditiadakan.
2.        Fleksibel,suatu rencana harus dapat menyesuaikan dengan keadaan yang  sebenarnyabila ada perubahan maka tidak semua rencana dirubah dimungkinkan diadakan penyesuaian – penyesuaian saja. Sifatnya tidak kaku harus begini dan begitu walaupun keadaan lain dari yang direncanakan.
3.      Stabilitas,tidak perlu setiap kali rencana mengalami perubahan jadi harus di jaga stabilitasnya setiap harus ada dalam pertimbangan.
4.      Ada dalam pertimbangan berate bahwa pemberian waktu dan faktor faktor produksi kepada siapa tujuan organisasi seimbang dengan kebutuhan
5.      Meliputi seluruh tindakan yang dibutuhkan,jadi meliputi fungsi –fungsi yang ada dalam organisasi.
B. Proses perencanaan
Menurut T.hani handoko (1999) kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui empat tahap sebagai berikut :
1.      Menetapkan tujuan atau serangkain tujuan
2.      Merumuskan keadaan  saat ini
3.      Mengindentifikasikan segala kemudahan dan hambatan
4.      Mengembangkan rencana atau serangkai kegiatan untuk mencapai tujuan


C. Alasan perlunya perencanaan
Salah satu maksud dibuat perencanaan adalah melihat program – program yang dipergunakan untuk meningkatkan kemungkinan pencapaian tujuan – tujuan di waktu yang akan datang, sehingga dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu , perencanaan organisasi harus aktif, dinamis , berkesinambungan dan kreatif, sehingga manajemen tidak hanya bereaksi terhadap lingkungannya, tapi lebih menjadi peserta aktif dalam dunia usaha.
Ada dua alasan dasar perlunya perencanaan :
1.      Untuk mencapai “protective benefits” yang dihasilkan dari pengurangan kemungkinana terjadinya kesalahan dalam pembuatan keputusan.
2.      Untuk mencapai “protective benefits” dalam bentuk meningkatnya sukses pencapaian tujuan organisasi.
D. Tipe – tipe perencanaan dan Macam – Macam perencanaannya
Macam – macam perencanaan dalam pengantar manajemen dibagi menjadi 2 yaitu :
I   Perencanaan organisasi , Perencanaan ini terdiri dari :
a.       Perencanaan strategis
b.      Perencanaan taktis
c.       Perencanaan operasional

E. Usaha Yang direncanakan
Ringkasan Usaha
Perusahaan susu kedelai Altrin Soybean direncanakan berlokasi di Jl. Margonda Raya. Struktur organisasi terdiri dari  pimpinan kemudian dibawahnya diikutin bagian-bagian yang di bantu pekerja. Bagian bagian itu antara lain : bagian produksi , bagian pengadaan bahan baku,bagian keuangan dan bagian pemasaran.
Usaha ini dipilih karena prospek pengelolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan kandungan gizi yang terkandung didalaamnyaa memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia serta mudah dalam pembuatannya.hanya dengan teknologidan perlatan yang sederhana ,serta tidak diperlukannya keterampilannya khusus ,siapa pun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.
Susu kedelai yang telah diproduksi akan di pasarkan dengan dibungkus plastik ukuran 1/2kg .Pada plastik akan disablon dengan tabel : susu kedelai “ALTRIN SOYBEAN” sasaran pasar produk susu kedelai ini utamanya adalah mahasisiwa kampus gunadarma dan masyarakat sekitar depok.tempat penjualan dikampus bis titip dll took atau warung warung di sekitar wilayah depok atau bahkan di supermarket – supermarket tedekat . Adapun harga jual dan produk susu kedalai ini Rp 4000@ ukuran plastik 1/2kg
Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet –pamflet dipinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainya . selain itu juga akan memanfaatkan bulletin yang terbit dikampus dan media internet sebagai saran e-business
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluangb pasar yang menjanjikan .selain itu daya beli konsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elit hingga konsumen menengah bawah . produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karna harga nya yang relative trjangkauserta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Total biaya usaha ini adalah Rp 15.298.625 perbulan dan penerima perbulan Rp 19.200.000, sehingga pendapatan perbulan adalah Rp 3.001.375 dengan R/Cratio sebesar 1.197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan
 I  DESKRIPSI USAHA
A.      DATA PERUSAHAAN
Nama                    : CV .ALTRIN SOYBEA
Tempat                  : Jln. Margonda Raya.depok
Basis operasi         : wilayah Depok dan Jakarta selatan
Bentuk usaha        : perdagangan dengan pembangunan usaha mandiri kecil &
                                Menengah
B.      DATA PENGUSAHA
Nama                    : ALMI TRISNA NINGTIAZ
Tempat tgl/lahir    : Kisaran , 29 april 1996
Pendidikan            : perdagangan dengan pengembangan usaha mandiri kecil &       menengah (UMKM)
C.      STRUKTUR ORGANISASI & JOB DISCRIPTIONS
1.      Pimpinan (manager)
·         Pemilik sekaligus pimpinan
·         Bertanggung jawab terhadap jalannya usaha
·         Koordinasi ,pengawas, dan pengarahan seluruh kegiatan
·         Pengambilan keputusan
·         Sebagai quality control
2.      Bagian produksi
·         Kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
·         Bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
·         Bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
·         Menjaga kebersihan produk dalam proses produksi
·         Cekatan dalam mejaga mutu produk ,baik cita rasa,aroma,ataupun tekstur
·         Mengemas hasil produkasi
3.      Bagian penggadaan bahan baku
·         Kepala bagian pedagangan bahan baku  mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
·         Mencari informasi keberadaan bahan baku
·         Melakukan pembelian bahan baku
·         Menjaga mutu bhan sebelum diolah (ketika masih dalam penyimpanan )
4.      Bagian keuangan
·         Kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja dibawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
·         Melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
·         Mencatat / pembukuan keuangan perusahaan
·         Mengadakan dana untuk proses pembelian bahan dan proses
·         Membuat laporan keuangan harian ,mingguan, bulanan ,tahunan
·         Bertanggung jawab terhadap system keuangan
    
5.      Bagian pemasaran
·         Kepala bagian pemasaran pekerja dibawahnya untuk berkerja sesuai jobdis
·         Mempromosikan dan memasarkan produk
·         Mendistribusikan produk ke tempat pemasaran ,misalnya ,took,warung,atau bahkan supermarket terdekat
·         Melayani dengan ramah ,menanggapi complain konsumen dengan ramah dan senyuman
         II ANALIS PEMASARAN
1.      Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah susu kedelai . Susu kedelai akan dipasarkan dengan dikemasan plastik ukuran 1/2kg.pada plastik akan disablon dengan label : susu kedelai “ALTRIN SOYBEAN”produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi.sudah diketahuin bahwa produk yang terbuat dari ekstrak kedelai ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metaolisme tubuh.
2.      Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi jln. Margonda Raya ada pun sasaran pasar produk susu kedelai ini adalah mahasisiwa di kampus universitas gunadarma dan masyarakat sekitar depok.






III ANALISIS OPERASIONAL
1.      Desain produk
Susu kedelai yang telah di produksi akan di pasarkan dengan dikemas .pengemasan disini dilakukan karena memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha ,karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan .dimana onsumen akan cendrung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik
2.      Proses produksi
Bahan
·         Kedelai
·         Vanili
·         Gula pasir
·         Garam
·         Maizena
·         Air mineral
Cara membuat
·         Kedelai dicuci dan dibersihkan dari kotoran kotoran seperti pasir, tangkal, dan kulit kedelai,kemudian direndam kurang lebih 2 jam.
·         Rebus kedelaiyang telah bersih selama kira kira 15menit ,lalu rendam dalam air bersih selama kira kira 12jam
·         Cuci sampai kulit arinya terkelupas ,lalu giling kedelai tersebut menggunakan mesin giling
·         Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas .aduk aduk campuran sampai rata
·         Saring campuran dengan kain saring ,sehingga di peroleh larutan /sari untuk susu kedelai
·         Tambahkan gula pasir ,vanili,coklat,dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingga mendidih
·         setelah




IV.ANALISIS PELUANG PASAR & PERSAINGAN
1.ANALISIS PELUANG PASAR
Peluang pasar untuk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan .Selain itu daya beli konsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menengah bawah .Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Metode pemasaran susu kedelai”ALTRIN SOYBEA” ini adalah menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada pemulaan usaha serta metode getok tular ,dengan membuat para konsumen merasa puas terhada sajian produk dan pelayanan prima yang disuguhkan perusahaan akan mampu membuat mereka menyebarkan pada orng sekampungnya.
2.TINGKAT PERSAINGAN
Melihat situasi ditempat yang akan dimasuki produk ,sepertinya produk susu kedelai ini akan laku dipasaran hal ini dikarenakan harga yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet mahasiswa. Selain itu pesaing yang akan menyaingi produk ditempatnya belum ada khususnya dikampus universitas gunadarma depok.




















V.ANALISIS KEUANGAN

1.ANALISIS BIAYA USAHA
A.Biaya tetap
NO
Uraian
Jml(unit)
Hrg(Rp)
Jml hrg
Masa pakai
Penyusutan
(th)
Penyusutan
(bln)
1
Rumah produksi
1
10.000.000
10.000.000
10
1.000.000
83.333,33
2
Diesel giling
1
2.750.000
2.750.000

10
275.000
22.916,67
3
Kain 1 meter
2
5.000
10.000
1
5.000
416,67
4
Gunting
5
5.000
25.000
2
12.500
1.041,67
5
bak
6
17.000
102.000
2
51.000
4.250,00
6
keranjang
4
25.000
100.000
2
50.000
4.166,67
7
kompor
4
150.000
600.000
6
100.000
8.333,33
8
Panic
4
75.000
300.000
6
50.000
4.166,67

Total


13.887.000


128.625,00




















NO
Uraian
Jumlah (unit)
Harga(Rp)
Jumlah hrg (Rp)
1
Bahan baku




kedelai
10kg
6.000
60.000

Gula pasir
4kg
8.000
24.000

vanili
2bungkus
2.000
4.000

coklat
2kaleng
15.000
30.000
2
Bahan pendukung




Gas LPG
8tabung
17.500
140.000

Plastic ukuran ½ kg
1bandel
5.000
5.000

Solar
4liter
4.500
18.000

Sablon label  plastik
1bandel
3.000
3.000
3
Tenaga kerja




Pencuci kedelai
2orang
20.000
40.000

Perebus+penyarin+pengemas
2orang
20.000
40.000

Penggiling
1orang
30.000
30.000

Pengantar  utk dipasarkan
1orang
20.000
20.000

Administrasi keuangan
1orang
25.000
25.000

Pengadaan bahan
2orang
25.000
50.000
Total


489.000

Biaya variabel perbulan adalah Rp 489.000 x 30 = Rp. 14.670.000

C.biaya lain-lain (perbulan )
NO
Uraian
volume
Harga perunit
Jumlah harga


Jumlah
Unit


1
Transportasi
1
bln
200.000
200.000
2
promosi
1
bln
100.000
100.000
3
Listrik
1
bln
200.000
200.000
Total



500.000





Jumlah biaya usaha



No
Jenis biaya
Jumlah biaya (Rp/bln)

1
Biaya tetap
128.625

2
Biaya variabel
14.670.000

3
Lain - lain
500.000
Total
15.298.625






2.penerimaan , pendapatan dan R/C ration usaha
No
Jumlah produksi
Harga perunit
Penerimaan perhari
Penerimaan perbln

200kemasan 2kg
4000
640.000
19.200.000
Total


19.200.000


Pendapatan (laba) perbulan = total revenue – total coct
= 19.200.000-15.298.625
=3.901.375
R/C ration = total revenue : total cost
= 19.200.000 : 15.298.625,01
=1,25
Berdasarkan hasil tabel analisis biaya dan penghitungan diatas dapat dilihat dibawah bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan.









BAB III
PENUTUP
A.kesimpulan
Perencanaan merupakan tahapan penting dari suatu fungsi manajemen ,trutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis . dalam era globalisasi ini .perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional sistematik bukan hanya pada intuisi 8 dugaanDalam perencanaan terdiri dari macam macam perencanaan ,yaitu perencanaan organisasi terbagi menjadi  3yaitu perencanaan strategis ,taknis dan operasional . adapun kerangka waktu dalam perencanaan organisasi yaitu sebagai berikut : rencana jangka panjang ,jangka menengah ,dan jangka pendek
Suatu perencanaan juga terdapat berbagai hambatan dalam penetapan tujuan .hambatan tersebut antara lain tujuan yang tidak tepat system penghargaan yang tidak tepat ,sistem penghargaan  yang tidak tepat , penolakan terhadap perubahan dan keterbatasan.
B.Saran
Sebaiknya dalam mengambil keputusan dan tindakan dalam berbagai bentuk organisasi menggunakan proses dasar manajemen berupa perencanaan. Dalam sebuah perencanaan sifat rencana yang baik untuk mencapai hasil yang diinginkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar