Minggu, 16 Oktober 2016

PENGERTIAN AKUNTANSI DAN CONTOHNYA

AKUNTANSI

Pengertian akuntansi adalah suatu aktivitas dalam mengidentfikasikan, mengukur, mengkasifikasi dan mengikhtisar sebuah transaksi ekonomi atau kejadian yang dapat menghasilkan data kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang dipergunakan dalam pengambilan keputusan (Amin. W. 1997).

Berikut ini adalah pengertian akuntansi menurut para ahli :

1. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)
Mendefinisikan Akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam  memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

2. Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)
Menyatakan bahwa: Akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

3. Suparwoto L (1990 : 2) 
Menyatakan bahwa akuntansi sebagai suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain

 Contoh akuntansi dalam perkantoran

dari contoh di bawah kita dapat melihat sebuah pengendalian keuangan yang masuk ataupun keluar, dari tabel di bawaah juga dapat terlihat siklus siklus keuangan yang tentu memudahkan khususnya dalam memberi informasi keuangan.


 SUMBER :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar